Dari Blogspot ke TLD .com

Per tanggal 10 April 2022 waktu sebelum imsak, blog Lokamoni yang awalnya berupa sub-domain blogger dengan alamat lokamoni.blogspot.com secara resmi berubah (diarahkan secara otomatis) menjadi lokamoni.com.

Custom domain blogspot ke tld

Kustomasi domain TLD (Top Level Domain) dengan ekstensi .com seperti ini seharusnya sudah saya lakukan sejak awal mengingat nama domain tersebut sebenarnyua sudah saya beli beberapa bulan sebelumnya bahkan sudah pernah diaktifkan menggunakan CMS Wordpress namun tidak saya lanjutkan pengelolaannya.

Namun, karena saya pada dasarnya seolah belum bisa lepas dari aktivitas mengelola blog, akhirnya nama domain tersebut saya aktifkan kembali menggunakan platform Blogger (Blogspot).

Apalagi ketika sudah serius menetapkan target mendatangkan 1 juta pengunjung blog kesini, mau tidak mau, saya akan berusaha mencoba mengejar target tersebut tahun 2022 ini. Tercapai tidaknya, gak masalah. Yang penting semoga saya se-serius rencana saya pribadi dalam mengelola blog sederhana ini. Hal terburuk yang bisa terjadi paling targetnya gagal tercapai. Dan itu hal biasa yang seharusnya tidak menyakitkan. Wajar. Dalam banyak hal, setiap orang punya kegagalannya masing-masing. Asal gak kapok berusaha dan tetap bangkit.

Proses perubahan domain ini juga tidak hanya menjadi bagian bagaimana saya secara profesional membangun blog, namun juga tidak terlepas dari upaya pengelolaan akun Youtube sebagai salah satu sumber trafik yang berusaha saya dapatkan menuju blog ini. Sebab jika diperhatikan selama beberapa waktu terakhir mengenai isi video yang sudah diunggah, rata-rata memang saya manfaatkan sebagai lokasi untuk menempatkan link blog di Youtube agar secara langsung bisa terlihat oleh penonton.

Apalagi mengingat bahwa belum tentu juga semua penonton mau membaca deskripsi video, mengunjung kolom komentar maupun profil akun Youtube dimana saya seringkali menyematkan tautan blog.

Jadi, alamat blog dalam berbagai video Youtube saya tidak hanya berfungsi sebagai watermark, tetapi juga semoga secara perlahan dengan bertumbuhnya angka jumlah penonton baik mereka sadari atau tidak, penonton tersebut menurut saya tetap berpeluang untuk menghafal (mengingat) alamat blog ini tanpa harus diingatkan atau diperintahkan melalui cara lainnya.

Dan entah apakah hal ini bisa diasumsikan sebagai bagian dari upaya membangun brand blog (brand awareness) atau tidak, saya hanya bisa berusaha sebisa mungkin terbuka pada ide yang mungkin dipikirkan oleh pihak lain bahwa ini merupakan hal yang kurang tepat.

Tidak apa-apa.

Lah wong pengetahuan dan pengalaman saya baru nyampenyasegitu. Jadi saya fokus saja dulu pada apa yang saya anggap tepat untuk dilakukan. Toh dunia ini berputar, masih ada masa depan untuk melakukan perubahan jika memang diharuskan berubah.

Demikian update terbaru dalam petualangan digital saya untuk mencapai target di masa yang akan datang. Dan terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan yang sangat menantang ini. Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin Anda sampaikan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini secara bijak.

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon